ANDROID

Tips Menggunakan DNS Pribadi di Hp Vivo

Tips Menggunakan DNS Pribadi di Hp Vivo

DNS (Domain Name System) adalah komponen penting dalam koneksi internet. Ini adalah layanan yang menghubungkan alamat web dengan alamat IP, memungkinkan perangkat Anda untuk menemukan dan mengakses situs web dengan mudah. Saat Anda menggunakan DNS bawaan dari penyedia layanan internet Anda, beberapa situs web mungkin diblokir atau kecepatan internet Anda bisa terpengaruh. Oleh karena itu, pengguna Hp Vivo dapat memanfaatkan DNS pribadi untuk meningkatkan kecepatan dan aksesibilitas internet mereka. Artikel ini akan memberikan panduan tentang cara menggunakan DNS pribadi di Hp Vivo Anda.

Apa Itu DNS Pribadi?

DNS pribadi adalah layanan DNS alternatif yang dapat digunakan untuk menggantikan DNS default yang disediakan oleh penyedia layanan internet Anda. Mengapa Anda harus menggunakan DNS pribadi? Beberapa alasan meliputi:

  1. Akses Lebih Cepat ke Situs Web:
    • DNS membantu mengonversi alamat URL (seperti www.example.com) ke alamat IP yang sesuai. Dengan menggunakan DNS yang responsif dan cepat, Anda dapat mengakses situs web dengan lebih cepat karena sistem akan lebih efisien dalam menemukan alamat IP yang benar.
  2. Keamanan:
    • Beberapa layanan DNS pribadi menyertakan fitur perlindungan terhadap situs web berbahaya dan phishing. Ini dapat membantu mencegah Anda dari mengunjungi situs web berbahaya yang dapat merusak perangkat Anda atau mencuri informasi pribadi Anda.
  3. Akses ke Konten Terblokir:
    • Beberapa DNS pribadi, seperti Google DNS atau Cloudflare DNS, dapat membantu Anda mengakses situs web yang mungkin diblokir oleh penyedia layanan internet Anda. Ini berguna jika Anda ingin menghindari pembatasan akses internet.
  4. Privasi:
    • Beberapa layanan DNS pribadi mengklaim tidak menyimpan log aktivitas pengguna, meningkatkan privasi Anda secara online. Ini berarti data browsing Anda tidak akan terlacak dan disimpan oleh penyedia layanan DNS.
  5. Kontrol Lebih Besar:
    • Dengan menggunakan DNS pribadi, Anda memiliki lebih banyak kontrol atas konfigurasi jaringan Anda. Anda dapat memilih DNS yang sesuai dengan preferensi Anda, mengatur perlindungan terhadap situs web berbahaya, dan memblokir akses ke situs web yang Anda anggap tidak aman.
  6. Kinerja dan Keandalan:
    • Beberapa DNS pribadi, seperti Google DNS dan Cloudflare DNS, dikenal karena kecepatan dan keandalannya. Ini dapat meningkatkan pengalaman berselancar Anda dengan mengurangi waktu loading halaman web dan memastikan koneksi internet Anda lebih stabil.
  7. Kontrol Orang Tua:
    • Beberapa layanan DNS pribadi memiliki fitur kontrol orang tua yang memungkinkan Anda untuk memblokir akses ke situs web yang tidak cocok untuk anak-anak. Ini membantu menjaga keamanan anak-anak yang menggunakan perangkat Anda.
  8. Mengelola Jaringan Internal:
    • DNS juga digunakan dalam lingkup jaringan lokal. Ini memungkinkan Anda mengelola perangkat di jaringan rumah atau kantor Anda dan mengarahkan mereka ke sumber daya yang sesuai.

Dengan memahami manfaat dari penggunaan DNS dan memilih penyedia DNS yang sesuai dengan kebutuhan Anda, Anda dapat memaksimalkan kecepatan, keamanan, dan privasi saat menjelajah internet. Selain itu, mengubah DNS di perangkat Anda juga memungkinkan Anda mengatasi beberapa pembatasan yang diterapkan oleh penyedia layanan internet Anda.

Bagaimana Cara Mengganti DNS di Hp Vivo?

Mengganti DNS di Hp Vivo Anda adalah proses yang relatif sederhana. Berikut adalah langkah-langkahnya:

  1. Buka Pengaturan: Buka menu “Pengaturan” di Hp Vivo Anda. Anda dapat menemukan ikon pengaturan biasanya di layar utama atau di laci aplikasi.
  2. Pilih “Koneksi & Berbagi”: Gulir ke bawah hingga Anda menemukan opsi “Koneksi & Berbagi” dan ketuk itu. Ini adalah tempat di mana Anda dapat mengelola pengaturan jaringan dan koneksi Anda.
  3. Pilih Jaringan Wi-Fi: Di layar “Koneksi & Berbagi,” ketuk opsi “Jaringan Wi-Fi” untuk melihat jaringan Wi-Fi yang tersedia.
  4. Koneksikan ke Jaringan Wi-Fi: Koneksikan perangkat Anda ke jaringan Wi-Fi yang ingin Anda ubah DNS-nya. Pastikan perangkat Anda terhubung ke jaringan Wi-Fi yang ingin Anda konfigurasi.
  5. Atur Jaringan: Setelah Anda terhubung ke jaringan Wi-Fi, ketuk jaringan tersebut dan pilih opsi “Ubah Jaringan.” Ini akan membuka opsi konfigurasi jaringan.
  6. Tampilkan Opsi Lanjutan: Di layar konfigurasi jaringan, biasanya ada pilihan “Opsi jaringan lanjutan” atau yang serupa. Ketuk opsi ini untuk mengakses pengaturan DNS.
  7. Ganti DNS: Di bawah bagian “IP Settings,” Anda akan melihat opsi yang mungkin disebut “DHCP” (dalam beberapa versi Android) atau “Statik.” Pilih opsi “Statik” untuk mengatur DNS secara manual.
  8. Masukkan Alamat DNS: Setelah Anda memilih “Statik,” Anda dapat memasukkan alamat DNS pribadi Anda. Misalnya, jika Anda ingin menggunakan Google DNS, masukkan “8.8.8.8” sebagai DNS primer dan “8.8.4.4” sebagai DNS sekunder. Anda dapat menambahkan DNS tambahan jika perlu.
  9. Simpan Perubahan: Setelah Anda memasukkan alamat DNS pribadi, pastikan untuk menekan tombol “Simpan” atau “Terapkan” untuk menyimpan perubahan.
  10. Periksa Koneksi: Terakhir, periksa koneksi internet Anda untuk memastikan semuanya berjalan dengan baik. Buka browser atau aplikasi lain yang membutuhkan koneksi internet untuk memastikan bahwa perubahan DNS telah berhasil dan tidak ada masalah dalam mengakses internet.

Setelah Anda mengikuti langkah-langkah ini, perangkat Anda akan menggunakan DNS pribadi yang telah Anda atur. Pastikan untuk memeriksa apakah koneksi internet Anda berjalan dengan baik setelah mengubah DNS. Jika ada masalah, Anda selalu bisa kembali ke DNS default atau mencoba DNS pribadi lainnya.

DNS Pribadi Populer

Ada beberapa DNS pribadi yang populer dan terpercaya yang dapat Anda pertimbangkan untuk digunakan di perangkat Anda. Berikut beberapa di antaranya:

  1. Google DNS:
    • DNS Primer: 8.8.8.8
    • DNS Sekunder: 8.8.4.4
  2. OpenDNS:
    • DNS Primer: 208.67.222.222
    • DNS Sekunder: 208.67.220.220
  3. Cloudflare DNS:
    • DNS Primer: 1.1.1.1
    • DNS Sekunder: 1.0.0.1
  4. Quad9:
    • DNS Primer: 9.9.9.9
    • DNS Sekunder: 149.112.112.112
  5. Comodo Secure DNS:
    • DNS Primer: 8.26.56.26
    • DNS Sekunder: 8.20.247.20
  6. Norton ConnectSafe:
    • DNS Primer: 199.85.126.10
    • DNS Sekunder: 199.85.127.10
  7. Cisco OpenDNS Home:
    • DNS Primer: 208.67.222.222
    • DNS Sekunder: 208.67.220.220
  8. AdGuard DNS:
    • DNS Primer: 94.140.14.14
    • DNS Sekunder: 94.140.15.15
  9. Yandex.DNS:
    • DNS Primer: 77.88.8.8
    • DNS Sekunder: 77.88.8.1
  10. Level3 DNS:
    • DNS Primer: 209.244.0.3
    • DNS Sekunder: 209.244.0.4

Setiap DNS memiliki karakteristik dan manfaatnya masing-masing. Misalnya, Google DNS terkenal karena kecepatannya, Cloudflare DNS dikenal karena privasinya, dan OpenDNS menyediakan perlindungan tambahan terhadap situs web berbahaya. Pilih DNS pribadi yang sesuai dengan preferensi Anda, seperti kecepatan, keamanan, atau fitur tambahan yang Anda butuhkan. Juga, pastikan untuk memeriksa apakah penyedia layanan internet Anda membatasi penggunaan DNS pribadi atau tidak.

Mengaktifkan DNS Dengan Aplikasi

Mengaktifkan DNS pada perangkat Android, termasuk Hp Vivo, menggunakan aplikasi bisa menjadi alternatif yang lebih mudah daripada mengonfigurasinya secara manual. Ada beberapa aplikasi yang dapat membantu Anda mengatur DNS dengan cepat dan mudah. Berikut adalah panduan umum tentang cara mengaktifkan DNS dengan aplikasi di perangkat Android:

Langkah 1: Unduh Aplikasi DNS Changer

Anda perlu mengunduh dan menginstal aplikasi “DNS Changer” dari Google Play Store. Berikut adalah langkah-langkahnya:

  1. Buka Google Play Store di perangkat Android Anda.
  2. Cari “DNS Changer” menggunakan kotak pencarian di bagian atas.
  3. Temukan aplikasi “DNS Changer” dan ketuk “Pasang” untuk mengunduh dan menginstalnya.

Langkah 2: Buka Aplikasi DNS Changer

Setelah Anda menginstal aplikasi DNS Changer, bukalah aplikasi tersebut dari layar utama perangkat Anda.

Langkah 3: Pilih DNS Pribadi

Di dalam aplikasi DNS Changer, Anda akan diberikan opsi untuk memilih DNS pribadi. Biasanya, Anda dapat memilih dari beberapa DNS populer seperti Google DNS, Cloudflare DNS, atau DNS pribadi lainnya.

Langkah 4: Aktifkan DNS Pribadi

Setelah Anda memilih DNS pribadi yang ingin digunakan, ketuk opsi untuk mengaktifkan DNS tersebut. Biasanya, ini adalah tombol “Start” atau “Connect.”

Langkah 5: Verifikasi Koneksi

Periksa koneksi internet Anda untuk memastikan bahwa DNS pribadi sudah aktif. Buka browser atau aplikasi lain yang membutuhkan koneksi internet dan pastikan semuanya berjalan dengan baik.

Langkah 6: Nonaktifkan DNS Pribadi (Opsional)

Jika Anda ingin kembali ke DNS default, Anda dapat kembali ke aplikasi DNS Changer dan menonaktifkan DNS pribadi dengan menekan tombol “Stop” atau “Disconnect.”

Catatan Penting:

  • Beberapa aplikasi DNS Changer mungkin memerlukan akses root ke perangkat Anda. Rooting perangkat Android dapat membuka potensi risiko keamanan dan voidkan garansi, jadi harap berhati-hati saat memutuskan apakah ingin melakukan rooting perangkat Anda.
  • Pastikan untuk memilih DNS pribadi yang tepercaya dan terpercaya ketika menggunakannya dengan aplikasi DNS Changer.
  • Beberapa aplikasi DNS Changer mungkin menawarkan fitur tambahan seperti perlindungan privasi dan blokir iklan. Anda dapat menyesuaikan pengaturan sesuai kebutuhan Anda.
  • Ini adalah panduan umum, dan tampilan serta fitur aplikasi DNS Changer dapat bervariasi tergantung pada aplikasi yang Anda gunakan.

Dengan menggunakan aplikasi DNS Changer, Anda dapat dengan mudah mengganti dan mengelola pengaturan DNS di perangkat Android Anda tanpa harus melakukan konfigurasi manual yang rumit. Pastikan untuk mengikuti petunjuk yang diberikan dalam aplikasi tersebut untuk mengaktifkan dan menonaktifkan DNS pribadi sesuai kebutuhan Anda.

Menggunakan DNS Google Chrome Di Hp Vivo

Untuk mengganti DNS di Google Chrome pada perangkat Hp Vivo, Anda dapat mengikuti langkah-langkah berikut:

Langkah 1: Buka Google Chrome

Buka aplikasi Google Chrome di perangkat Hp Vivo Anda.

Langkah 2: Masuk ke Pengaturan Chrome

Ketuk ikon titik tiga (tiga titik vertikal) yang berada di pojok kanan atas layar untuk mengakses menu pengaturan Chrome.

Langkah 3: Pilih “Pengaturan”

Di dalam menu pengaturan, gulir ke bawah dan pilih opsi “Pengaturan.”

Langkah 4: Gulir ke Bawah ke Bagian “Privasi dan Keamanan”

Di dalam pengaturan Chrome, gulir ke bawah hingga Anda menemukan bagian “Privasi dan Keamanan.”

Langkah 5: Pilih “DNS Prefetching” atau “Use secure DNS” (gunakan DNS yang aman)

Ketuk opsi yang berkaitan dengan DNS. Di beberapa versi Chrome, Anda akan menemukan opsi “DNS Prefetching,” sementara di versi lain, Anda akan melihat opsi “Use secure DNS.”

Langkah 6: Aktifkan atau Nonaktifkan DNS Prefetching

Ketuk opsi yang sesuai, dan Anda akan memiliki pilihan untuk mengaktifkan atau menonaktifkan fitur DNS prefetching atau DNS yang aman sesuai preferensi Anda.

Langkah 7: Konfirmasi Perubahan

Setelah Anda mengaktifkan atau menonaktifkan DNS sesuai keinginan Anda, Anda mungkin perlu mengonfirmasi perubahan atau hanya menyimpan pengaturan.

Catatan:

  1. Pastikan bahwa Anda tahu apa yang Anda lakukan ketika mengganti pengaturan DNS di peramban web. Langkah ini mengubah bagaimana Chrome meresolusi alamat situs web, dan perubahan yang salah bisa memengaruhi koneksi internet Anda.
  2. Bila Anda mengalami masalah dengan akses ke situs web setelah mengganti pengaturan DNS, Anda bisa mengembalikan pengaturan DNS ke konfigurasi default atau menggunakan DNS pribadi yang dapat diandalkan.
  3. Beberapa versi Chrome pada perangkat Android mungkin memiliki opsi yang berbeda atau nama yang berbeda untuk pengaturan DNS. Pastikan untuk mencari opsi yang berkaitan dengan DNS atau prefetching DNS dalam pengaturan Chrome Anda.

Menggunakan DNS pribadi di Hp Vivo Anda dapat membantu meningkatkan kecepatan dan keamanan koneksi internet Anda. Dengan mengikuti panduan di atas dan memilih DNS pribadi yang sesuai dengan kebutuhan Anda, Anda dapat mengoptimalkan pengalaman menjelajah internet Anda. Jadi, jangan ragu untuk mencoba mengganti DNS di perangkat Anda dan nikmati koneksi internet yang lebih cepat dan aman!

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Back to top button