Komputer

Cara Menghapus Virus Di PC atau Laptop Windows 10

Menghapus dan membersihkan virus di laptop Windows 10 adalah proses yang penting untuk menjaga kinerja dan keamanan perangkat Anda. Berikut adalah langkah-langkah umum yang dapat Anda ikuti:

  1. Perbarui Sistem Operasi: Pastikan sistem operasi Windows 10 Anda selalu diperbarui dengan pembaruan keamanan terbaru dari Microsoft. Ini akan membantu melindungi perangkat Anda dari virus dan malware.
  2. Gunakan Perangkat Lunak Antivirus: Instal dan aktifkan perangkat lunak antivirus yang tepercaya. Pastikan untuk memperbarui definisi virus secara teratur dan lakukan pemindaian rutin.
  3. Hati-hati dengan Email dan Lampiran: Jangan membuka email atau lampiran yang mencurigakan. Virus sering kali menyebar melalui email berbahaya.
  4. Hindari Situs Web Berbahaya: Jangan mengunjungi situs web yang tidak terpercaya atau mencurigakan. Gunakan peramban web yang aman .
  5. Pemindaian Rutin: Selalu lakukan pemindaian rutin dengan perangkat lunak antivirus Anda.
  6. Backup Data: Selalu cadangkan data penting Anda secara teratur, sehingga jika terjadi serangan virus, Anda tidak kehilangan data berharga.
  7. Pembersihan Manual: Jika Anda mendeteksi adanya virus, Anda dapat mengikuti panduan dari perangkat lunak antivirus atau artikel yang kredibel untuk membersihkannya secara manual.

Cara Menghapus Virus Menggunakan CMD

biasanya temen temen menggunakan perangkat lunak anti virus yaitu Smadav, Norton, Kapersky dan lain-lain.namun ada lebih cepat dan menghemat waktu dalam menghapus virus menggunakan metode CMD (Command Promp).Berikut langkah- langkah nya sebagai berikut:

1.Buka CMD (Command Promp)

Pertama-tama kamu bisa membuka CMD (Command Prompt) terlebih dahulu di PC tersebut. Caranya cukup tekan tombol Windows + R pada keyboard > kemudian ketik CMD > Enter

klik CMD

2.Ketik Nama Drive Bervirus

Kemudian kamu harus mengkonfigurasi CMD-nya supaya mengakses drive yang ada virus didalamnya.Misalnya kamu mencurigai ada virus di drive D, jadi silahkan ketik D: pada CMD > tekan Enter.

Ketik Nama Drive Bervirus

3.Ketik Attrib -s -h -r /s /d *.*

Setelah itu ketikan Attrib -s -h – r /s /d *.* pada CMD > tekan Enter. Tujuannya untuk mengganti atribut pada semua file di drive D tersebut.

ketik Attrib

Keterangan:

  1. –r adalah untuk menghapus file read-only
  2. –a adalah untuk manghapus file archieve
  3. –s adalah untuk menghapus file sistem
  4. –h adalah untuk menghapus file yang tersembunyi atau hidden file
  5. *.* adalah untuk semua file dengan semua jenis ekstensi file

4. Ketik Dir Untuk Melihat File

Selanjutnya kamu bisa ketik dir pada CMD > lalu tekan Enter yang bertujuan untuk melihat semua file terdeteksi virus pada drive tersebut.

Klik dir

5. Hapus File Mencurigakan

Terakhir setelah melihat semua file, kamu bisa menghapus yang mencurigakan. Biasanya ekstensi virus itu seperti autorun.inf yang biasa menyerang drive di flashdisk.Selain itu virus bisa saja memiliki ekstensi .exe yang begitu di install bisa sangat berbahaya di PC tersebut.Beberapa langkah mengenai cara menghapus virus ini dapat kamu gunakan juga di flashdisk. Biasanya virus shortcut di drive tersebut, namun bisa dihapus dengan CMD.

CMD Muncul Access Denied

Jika di CMD kamu muncul akses denied seperti ini:

Access Denied

Kamu bisa perbaiki masalah tersebut dengan Windows Compability Troubleshooter, dan tunggu prosesnya apakah masalah tersebut bisa terpecahkan atau tidak.Jika tidak, ikuti langkah di bawah ini untuk menggunakan CMD dengan hak admin. Berikut langkahnya:

  1. Klik Start
Klik Start
  1. Ketikkan CMD. Kemudian, klik kanan dan pilih Run as Administrator
klik run administrator
  1. Setelah itu, ketikkan perintah net user Administrator/active: yes untuk mengaktifkan akun administrator built-in.
klik netuser Administrator
  1. Jalankan program yang sebelumnya mengalami Access Denied.

Cara ini bisa kamu gunakan untuk sistem operasi Windows 10, Windows 8 dan Windows 7.Dan efektif untuk mengatasi berbagai jenis virus, seperti:

  • Virus Win32
  • Mgr
  • Shortcut
  • Dan lain-lain

Ingatlah bahwa pencegahan adalah kunci utama. Selalu berhati-hati saat menjelajah internet dan menjaga perangkat Windows 10 Anda tetap diperbarui dan dilindungi oleh perangkat lunak antivirus yang kuat.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Back to top button