Komputer

Cara Mengambil Screenshot di Laptop (Semua Merk)

Screenshot Menggunakan Tombol PrtScn (Print Screen)

Mengambil screenshot, atau tangkapan layar, adalah tindakan yang seringkali diperlukan dalam kehidupan sehari-hari. Apakah Anda ingin menyimpan momen di layar Anda, menangkap pesan penting, atau berbagi informasi dengan teman, mengambil screenshot adalah keterampilan dasar yang harus dimiliki oleh pengguna laptop.

1. Screenshot Menggunakan Tombol PrtScn (Print Screen)

Salah satu cara paling umum untuk mengambil screenshot di laptop Anda, tanpa menghiraukan mereknya, adalah dengan menggunakan tombol PrtScn (Print Screen). Berikut adalah langkah-langkahnya:

Screenshot Menggunakan Tombol PrtScn

Langkah 1: Temukan tombol PrtScn pada keyboard laptop Anda. Biasanya, tombol ini terletak di bagian atas keyboard, di sebelah kanan tombol F12 atau di sebelah atas tombol Insert.

Langkah 2: Untuk mengambil screenshot seluruh layar, cukup tekan tombol PrtScn sekali. Tangkapan layar akan disimpan di clipboard.

Langkah 3: Untuk menyimpan tangkapan layar ke dalam file, buka program pengolahan gambar seperti Paint atau Microsoft Word, lalu tekan Ctrl + V untuk menempelkan gambar yang disimpan di clipboard. Selanjutnya, Anda dapat menyimpan gambar tersebut dalam format yang diinginkan.

2. Menggunakan Tombol Alt + PrtScn

Jika Anda hanya ingin mengambil screenshot jendela aktif, Anda dapat menggunakan kombinasi tombol Alt + PrtScn. Berikut adalah langkah-langkahnya:

Menggunakan Tombol Alt + PrtScn

Langkah 1: Buka jendela atau aplikasi yang ingin Anda tangkap.

Langkah 2: Tekan tombol Alt + PrtScn secara bersamaan. Screenshot jendela aktif akan disimpan di clipboard.

Langkah 3: Buka program pengolahan gambar atau dokumen kosong, lalu tekan Ctrl + V untuk menempelkan gambar yang disimpan di clipboard. Setelah itu, Anda dapat menyimpan gambar tersebut sesuai kebutuhan.

3. Menggunakan Snipping Tool (Windows)

Bagi pengguna Windows, terdapat alat bantu yang berguna untuk mengambil screenshot dengan lebih banyak opsi, yaitu Snipping Tool. Berikut adalah langkah-langkahnya:

Langkah 1: Cari “Snipping Tool” dalam kotak pencarian Windows dan buka aplikasi tersebut.

klik pencarian snipping tool

Langkah 2: Klik “New” untuk memilih area layar yang ingin Anda tangkap. Anda dapat memilih antara tangkapan layar penuh, jendela tertentu, atau area yang dapat Anda seleksi secara manual.

klik snipping tool dan klik new

Langkah 3: Setelah mengambil screenshot, Anda dapat langsung menyimpannya atau mengeditnya dengan alat bantu pengeditan yang disediakan oleh Snipping Tool.

4. Menggunakan Screenshot Shortcut (Mac)

Pengguna Mac dapat mengambil screenshot dengan mudah menggunakan shortcut keyboard. Berikut langkah-langkahnya:

Langkah 1: Untuk mengambil screenshot seluruh layar, tekan Command (⌘) + Shift + 3 secara bersamaan.

Langkah 2: Untuk mengambil screenshot jendela atau area tertentu, tekan Command (⌘) + Shift + 4, lalu ikuti petunjuk untuk menyeleksi area yang ingin Anda tangkap.

Langkah 3: Screenshot akan otomatis disimpan di desktop Mac Anda.

Menggunakan Kombinasi Tombol untuk Screenshot Bagian Tertentu

Selain mengambil screenshot seluruh layar dengan tombol “Print Screen”, Anda juga dapat mengambil screenshot hanya dari bagian tertentu layar. Beberapa laptop memiliki fitur ini dengan kombinasi tombol tertentu.

Langkah-langkah Menggunakan Kombinasi Tombol untuk Screenshot Bagian Tertentu

  1. Pilih Area yang Akan Diambil Screenshot: Tentukan area di layar yang ingin Anda screenshot.
  2. Gunakan Kombinasi Tombol: Biasanya, kombinasi tombol seperti Windows + Shift + S dapat digunakan untuk mengambil screenshot area yang dipilih.
  3. Paste dan Simpan Screenshot: Setelah mengambil screenshot, gambar akan disimpan di clipboard. Tempelkan di aplikasi pengeditan gambar dan simpan sesuai keinginan Anda.

Menggunakan Aplikasi Pihak Ketiga

Selain menggunakan fungsi bawaan di laptop, Anda juga dapat menginstal aplikasi pihak ketiga untuk mengambil screenshot dengan lebih banyak opsi dan fleksibilitas.

Langkah-langkah Menggunakan Aplikasi Pihak Ketiga

  1. Pilih dan Unduh Aplikasi: Cari aplikasi screenshot pihak ketiga yang sesuai dengan preferensi Anda. Contoh aplikasi populer adalah Snagit, Lightshot, atau Greenshot.
  2. Instal dan Buka Aplikasi: Ikuti instruksi untuk menginstal aplikasi yang Anda pilih. Buka aplikasi setelah selesai.
  3. Gunakan Fungsionalitas Aplikasi: Aplikasi akan memberikan berbagai pilihan untuk mengambil screenshot. Pilih opsi yang diinginkan, ambil screenshot, dan simpan sesuai kebutuhan Anda.

Sekarang Anda telah memahami cara mengambil screenshot di laptop Anda, tidak peduli merek apa yang Anda gunakan. Selamat mencoba dan semoga informasi ini bermanfaat bagi Anda dalam berbagai aktivitas sehari-hari!

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Back to top button